Senin, 13 April 2009

Caleg Cari Dana

Minggu yang lalu saya baca berita dalam kolom kecil tentang caleg yang menghimpun dana dari para simpatisannya (konstituen) untuk keperluan pencalegannya (Kaltim Post, 5 April 2009). Saya pikir ini sesuatu yang luar biasa karena yang kita tahu biasanya caleg-lah yang bagi-bagi uang dalam rangka mendapatkan dukungan.

Inilah kisah caleg yang dicintai konstituennya, yaitu Mallika Sarabhai. Ketika sang calon mengedarkan keranjang di rumahnya, yaitu Ahmedabad India, penari terkenal tersebut mendapat sumbangan yang cukup lumayan. Sumbangan tersebut akan digunakannya dalam pemilu yang akan dilaksanakan pada 13 April sampai dengan 13 Mei 2009. Sumbangan tersebut menjadi cermin kepercayaan rakyat.

Kalau di Indonesia kan sebaliknya. Tapi, ya... tunggu aja, ntar kalau udah terpilih, dia akan mengambil gantinya dari uang rakyat (astaghfirullah...).

Seandainya mental kita seperti para pencinta Mallika, maka kita tidak bertemu dengan para caleg yang suka memberi dengan harapan mendapat imbalan, yaitu dipilih. Semoga kita, terutama para caleg, bisa belajar dari mereka.

Tidak ada komentar: