Kamis, 11 September 2008

Pasar Ramadhan di UGM


Sudah menjadi tradisi bahwa setiap ramadhan tiba maka di berbagai tempat akan disemarakkan oleh kehadiran pasar ramadhan. Pasar kaget yang rata-rata dimulai selepas ashar tersebut biasanya menjula berbagai makanan dan jajanan khas ramadhan. Kehadiran pasar-pasar tersebut memberi pemandangan yang berbeda dari hari-hari biasa. Sambil menunggu bedug maghrib tiba, masyarakat bisa membeli berbagai makanan untuk berbuka.
Salah satu pasar ramadhan di Yogyakarta, digelar di UGM. Beberapa ruas jalan menjadi tempat mangkal para penjual. Selain di depan pintu gerbang UGM, juga di sepanjang jalan dekat lembah, peternakan, dan depan masijid kampus. Area ini memang biasanya digunakan berjualan oleh para pedagang pada pasar mingguan atau yang biasa dikenal masyarakat sekitar UGM sebagai kegiatan Sunday Morning.
Yang tampak berbeda dengan pasar ramadhan lainnya, di sekitar UGM meskipun jualannya beragam, tetapi yang paling dominan adalah minuman segar, terutama penjual sup buah yang berjajar panjang. Tampilan dagangan mereka sangat mengoda karena berbagai buah segar sebagai daya pikat digantung di rombong mereka, mulai dari blewah, melon, pisang, kelengkeng, durian, dan lain-lain. Pada hari-hari biasa, mereka juga berjaualan di seputar UGM, tetapi pada ramadhan jumlah mereka semakin bertambah banyak.
Ingin mencicipi kesegarannya, silakan datang bersama teman atau keluarga sambil menunggu bedug tiba. Abdul Hakim

Tidak ada komentar: