Rabu, 03 Oktober 2007

Abdul Hakim SMP YPK: Finalis Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional

Sebenarnya ini berita lama, November tahun lalu, 2006. Kumuat di blog ini sebagai pengingat dan motivator bahwa saya pernah berprestasi dan harusnya jangan berhenti. Saya berharap pada tahun 2007 ini, meski tidak banyak, saya dapat meraih prestasi lagi. Berita ini saya download dari Kaltim Post.



Sabtu, 18 November 2006

BONTANG- Guru dan siswa di SMP Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) seolah berlomba meraih prestasi. Setelah, 14 Oktober lalu, Queentris, salah seorang siswa dipercaya mewakili Kaltim pada Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat nasional, kini Kepala dan guru bahasa Indonesia SMP YPK, masing-masing Rakim dan Abdul Hakim, juga mengikuti lomba tingkat nasional. Keduanya mewakili Kaltim pada Lomba Inovasi Pembelajaran. Sebelumnya, keduanya bersaing pada lomba serupa mulai tingkat Kota Bontang, dan Kaltim.

Rakim akhirnya juara 1 Lomba Inovasi Peningkatan mutu Pembelajaran dan Manajemen Sekolah, antarkepala SMP se-Kaltim, sementara Abdul Hakim, juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. “Kami berangkat bersama rombongan dari Kaltim lainnya mengikuti seleksi tingkat nasional di Bogor,” jelas Hakim kepada Kaltim Post, kemarin. Selain di Lomba Inovasi Pembelajaran, Hakim juga finalis Lomba Keberhasilan Guru (LKG) tingkat nasional yang grandfinal-nya di Jakarta. Karya tulisanya yang lolos seleksi berjudul Pemanfaatan Iklan Televisi sebagai Media Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas 9 SMP Yayasan Pupuk Kaltim.
“Saya sangat bersyukur. Target saya tampil sebaik-baiknya. Masalah menang atau kalah, sudah ada yang mengatur,” ujar juara 1 Guru Berprestasi Tingkat SMP Kota Bontang 2006 ini. Hakim juga peraih Juara Harapan Lomba Desain Kartu dan Ucapan Kartu Hijriah tingkat Nasional garapan Kantor Pos Indonesia. Dia juga presenter PKTV sejak 1999 sampai sekarang, penyiar salah satu radio swasta di Bontang, MC dan moderator berbagai acara.

Hakim juga, Ketua ADWINDO (Asosiasi Duta Wisata Indonesia) Bontang, Tim Desainer Busana Daerah Bontang, instruktur public speaking, hingga mengelola studio seni miliknyanya, Gemilang Studio yang bergerak di bidang Modelling & Broadcasting Course.
Mantan mahasiswa Berprestasi Utama IKIP Malang 1994, (Mapres III Fakultas Bahasa dan Seni/FPBS), tahun 1995 (Mapres I FPBS sekaligus Mapres II IKIP Malang) juga aktif menjadi guru inti di MGMP Kota Bontang. Bahkan, sejak 2002 hingga awal 2006 menjadi instruktur Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Provinsi Kaltim. Di sela kesibukannya, dia masih sempat membina ekstrakurikuler. “Dulu pernah ngajar drama dan membina basket. Karena agak sibuk, jadi tinggal ngajar jurnalistik saja,” ungkap Hakim.

Untuk urusan karya tulis, beberapa siswa bimbingannya jadi juara nasional. Sedangkan untuk urusan seni, beberapa mantan binaannya, baik yang di sekolah maupun di luar sekolah, sebagian telah berkiprah di beberapa kota. Mulai model Cover Boy & Topguest majalah Aneka Yess!, presenter JTV, penyiar radio di Bandung, sampai bermain sinetron. “Berbagai kegiatan ini sangat membantu saya dalam menjalankan tugas sebagai guru di sekolah. Usia boleh jalan terus, tapi pola pikir harus tetap fresh dan dinamis, sedinamis perkembangan siswa,” ujar guru yang juga pernah menjadi juara desain Busana Kerja PT PKT dan juara 1 karya tulis K3 PT Pupuk Kaltim ini. (ya)

Tidak ada komentar: