Jumat, 07 Desember 2007

GLOBAL WARMING


Global warming atau pemanasan global menjadi isu hangat akhir-akhir ini. Bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia mulai gelisah, apalagi kerusakan alam Indonesia termasuk kategori parah. Konferensi PBB mengenai Pemanasan Global dan Perubahan Iklim (Global Warming and Climate Change) diadakan di Bali mulai 3-14 Desember 2007. Selain aspek lingkungan sebagai isu utama, konferensi ini mengemban misi edukasi, baik bagi pemerintah maupun masyarakat umum. Intinya, bagaimana aspek lingkungan menjadi pertimbangan penting dalam setiap pengembangan pembangunan.

Langkah-langkah konkret, konsisten, dan radikal untuk mengantisipasi global warming perlu segera dilakukan, kalau tidak, bersiap-siaplah kita menuai bencana. Mungkin memang bukan kita saat ini, tetapi bagaimana dengan anak-cucu di waktu mendatang?

Ayo kita pakai rumus Aa Gym, 3 M: mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai sekarang juga. Tidak membuang sampah sembarangan, ayo menanam pohon dan tanaman hias lainnya, jangan merusak alam, jangan mendirikan bangunan pada daerah resapan air, kurangi pemakaian barang-barang yang merangsang pemanasan seperti membuang freon sembarangan, perbaiki sistim pembuangan gas atau asap pabrik, asap kendaraan, dan lain-lain. Ayo! Kapan lagi kalau tidak sekarang. Jangan menunggu bencana tiba.

Abdul Hakim

Tidak ada komentar: