Selasa, 04 November 2008

Fakta-Fakta Laskar Pelangi


Berikut adalah tulisan saya yang kesekian tentang Laskar Pelangi. Baik novel maupun versi film, LP begitu memberi kesan positif bagi saya, luar biasa. Nah, bagi Anda yang suka juga, berikut ada 25 fakta dari Laskar Pelangi yang saya download dar http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1154157. Meski saya tidak tahu seratus persen keakuratannya, tapi sebagai bahan referensi, atau sekadar menjawab keingintahuan Anda, informasi berikut perlu Anda baca. Agar lebih lengkap, tentu Anda (saya juga masih membaca-baca dari berbagai sumber) mencari dan membaca informasi-informasi lainnya. Kalau sudah dapat, jangan lupa di-share ya.... Sedikit saya beri komen dari fakta-fakta yang ada. Mo kemen juga? Silakan!!

Fakta fakta Laskar Pelangi adalah sebagai berikut.

1. Nama panggilan dari Andrea Hirata pada saat kecil adalah "andis","Ikal" adalah nama panggilan Andrea di novel.

2. Royalti Film Laskar Pelangi yang didapat dari Andrea adalah sekitar Rp 350 juta.

Komen saya: *Andai benar segitum saya rasa bukan harga yang mahal untuk sebuah novel kesohor sekelas LP. Bahkan, Andrea layak mendapat lebih dari itu, mengingat film LP masih nongkrong samapai saat ini, dan tetap harus ngantri untuk menontonnya. Saat saya tulis ini, LP sudah tayang sekitar sebulan sepuluh hari (40 hari). Dahsyat man...!*


3. Andrea Hirata dalam suatu kesempatan menyatakan bahwa dirinya bukan sastrawan, benar-benar tidak berpengalaman, tidak berpendidikan sastra, tidak bergaul dengan orang-orang sastra, tidak bercita-cita menjadi sastrawan. Lebih parah lagi, tidak banyak membaca sastra.

Komen saya: "Nggak penting labelnya, yang pasti mak nyoss novelnya!"

4. Film Laskar Pelangi sepanjang 2 jam 5 menit yang memakan ongkos Rp 8 miliar.

Komen saya: "Dua jam dua menit bagi saya terasa kurang, mestinya tiga jam, hehe...! Jangan lupa sekuelnya dibuat lagi ya Mira & Riri!"

5. NAMA Laskar Pelangi adalah sebuah nama pemberian sang guru, Bu Muslimah.

Komen saya: "Nama yang keren. Pas banget dengan keberagaman kesepuluh anaknya".

6. Sekarang Bu muslimah yang asli mengajar di Sekolah Dasar Negeri 6 Gantong dan sedang menunggu pensiun.

Komen saya: "Dia layak mendapatkan gelar kehormatan sebagai seorang yang menginspirasi banyak orang tentang arti perjuangan dan keihklasan".

7. Selama 10 hari pemutaran film itu sudah meraih penjualan 1,1 juta penonton.

Komen saya: "Percaya banget...! Dirilis dong, sekarang udah berapa jumlahnya. Jadi penasaran pengen tahu".

8. 3.800 calon pemain dieliminasi menjadi 1.350 anak hingga akhirnya menjadi 12 pemain yang semuanya asli dari Belitung, 11 Anak normal dan 1 anak penderita Down syndrome.

Komen saya: "Casting yang pas. Keren! Tapi untuk anak-anaknya lo...., tidak untuk Rieke (Ibu Ikal) dan Lukman Sardi (Ikal dewasa). Baca juga tulisan saya tentang Rieke dan Lukman di Resensi Film".

9. Film Laskar Pelangi dibuat hanya dengan 36 hari Syuting.

10. Andrea Ingin setiap 2 Mei Film Laskar Pelangi Diputar secara Gratis, dan dia pernah berkata "Filmnya lebih bagus dari novelnya.."

Komen saya: "Setuju...! Sampe beberapa tahun ke depan, tetep up to date kayaknya karena begitulah kondisi Indonesia, terutama yang di pelosok-pelosok".

11. Penulis skenario FILM Laskar pelangi, yaitu Salman Aristo juga penulis skenario Film Ayat-Ayat Cinta.

12. RIRI Riza sebelumnya akan menggunakan Yogi Nugraha pemeran kucai untuk dijadikan pemeran mahar, hingga datang Verrys Yamarno yang datang dengan gaya baju Mahar. Jalan sambil cium ketiak, lalu teriak: bau cuka! bau cuka! Lalu dia menyanyi.

Komen saya: "Dan...., Verrys benar-benar pas..! Bukannya yang berperan menjadi Kucai jelek, bukan... Dia juga pas banget menjadi Kucai".

13. Verrys Yamarno, pemeran Mahar yang jago kesenian ini ingin menjadi ustad. Cita-citanya adalah masuk ke Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur, atau Universitas Al Azhar di Mesir. "Saya ingin membuat orang jahat menjadi baik," ujarnya.

"Amiiiiiiiiiiin...!"

14. Ferdian,Pemeran Lintang mempunyai cita-cita melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada.

"Amiiiin...."

15. Zulpani Fasa, 12 tahun, pemeran Ikal alias Andrea Hirata di masa kecil mempunyai cita-cita Menjadi tentara. Bisa membela negara," katanya.

"Siap komandan! Amiiin!"

16. Mahar asli jadi PNS, guru kesenian di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan, diam2 sempat mengantarkan anaknya ikut casting tapi gak lolos. Mira Lesmana nggak tau kalo Mahar ada di antara ortu yang ngantar anaknya ikut casting, baru setelah Mahar pulang ada yg bilang ke Mira.

"Tercapai tuh cita-citanya..."

17. Aslinya Flo ini adek kelas Andrea, yang sekelas itu kakak laki2 Flo (kakaknya jg pindah dr SD PN), tp sang kakak ini tidak diceritakan ama Andrea. Flo ini asli anak pejabat PN yg tidak mau skolah di skolah PN.

18. Syahdan salah satu anggota laskar pelangi yang sekarang menjadi konsultan IT adalah yg diam-diam membawa naskah LP ke penerbit tanpa Andrea tau.

"Berjasa bangeet...! Saya ikut hatur 'matur tangkyu ya...!"

19. Aman alias Akiong pernah menyebutkan bahwa menurutnya Laskar Pelangi: Chandra Prana, Syahdan Wahyudi, Alpino, Iwan, Ahmad Fajri, Andrea Hirata, dan satu nama perempuan, Hartati. Yang disebut Mahar dan Samson, kata Aman, bisa jadi Ahmad Fajri-sekarang guru di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan-dan Alpino. Sedangkan Lintang? "Saya hanya tahu ini. Kalau Lintang, tanya Andis," ujarnya sambil tersenyum.

"Saya jadi penasaran juga neh.... Ada yang tahu faktanya nggak????"

20. Harun Karena cacat mental sekarang di rumah saja, menemani ibunya. Harun sering datang ke lokasi syuting, lalu dia cerita: "tadi lihat syuting film, ada Andis ".

21. Sempat syahdan dan Kucai asli ditanya wartawan siapa yg paling pintar di kelas, berdua serempak jawab: ANDIS!( kenapa bukan lintang??? Tanya kenapa? ):? Bahkan Bu Mus ketika ditanya siapa Lintang? Dia menjawab "saya tidak ingat, siapa lintang?"(mungkinkah jika Bu Mus tidak ingat, anak sejenius lintang?)

"Sepertinya ada yang dirahasiakan neh......! Bikin penasaran lagi. Bongkar dong...! Hehe..!"

22. Saat di Kick Andy, Andrea menyebutkan bahwa foto tersebut tidak detil, yaitu Syahdan (jongkok, kanan), Sahara (satu2-nya cewek)
Pada waktu itu para penonton langsung histeris, "LINTANG, YG MANA???"
Dan Andrea dgn cool bilang, "Rahasia..."

"Padahal, saya juga penasaran banget......! Please dong, Ikal, jelasin....!"

23. Riri Reza berhasil menjinakkan "keganjilan" pada beberapa bagian novel Andrea. Mahar yang mengagetkan Bu Mus dengan tiba-tiba menyanyikan Tennessee Waltz karya Anne Murray dan "si jenius" Lintang yang berdebat hebat tentang cincin Newton dalam lomba cerdas cermat "dibumikan" Riri menjadi adegan yang lebih wajar bagi seorang anak. Riri mengganti Tennessee Waltz dengan Bunga Seroja, yang justru memperkental roh Melayu ke dalam film. Dan untuk adegan lomba cerdas cermat itu, secara tak terduga Riri mengubahnya menjadi drama yang menggetarkan.

"Salut...!"

24. Tokoh Pak Mahmud yang ditampilkan oleh Tora Sudiro, menghapus seluruh tato di tangannya dengan "dempul" make-up, sebenarnya di Novel, Pak Mahmud adalah tokoh antagonis tapi di Film menjadi tokoh yang membela SD Muhammadiyah saat Cerdas Cermat.

"Kalo nggak.... jadi kebayang Tora di Extravaganza, pas jadi sinden kemayu, brewok dan bertato, hihi....!"

25. Buaya dari Film Laskar Pelangi meminjam buaya dari Museum Pemkab Belitung (dibayar berapa ya buayanya? )

"Syukur, buayanya nurut. Iya tuh, dia dapat kompensasi nggak?? Tapi kalo mau buaya darat, ya pinjem sama Maia aja...!"

BRAVO!

7 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap informasinya, dan alhamdulillah saya belum nonton huwaaaaaa

yoyo mengatakan...

meski belum nonton, tapi bis ngebaca faktanya, keknya keren juga nih film :)

Anonim mengatakan...

numpang komen ah...
aku dah nonton nih film..emang bagus dan worth banget buat ditonton...klo di jogja ngantrinya minta ampun...ada kali 2 jam dan itu pun ada 3 lines yang mengular...bisa dibayangkan animo masyarakat yang begitu besarnya...
selama ini masyarakat digempur dengan film-film horor murahan dan percintaan picisan yang ceritanya hampir mirip semua. Dengan kata lain film sampah.
Nah, adanya sambutan luar biasa film laskar pelangi (LP)menunjukkan bahwa masyarakat haus akan film bermutu dan layak tonton. Masyarakat kian pandai menilai kualitas suatu film, lepas dari fakta bahwa novel LP juga mendapat respon positif. Nilai-nilai yang terkandung d film LP sangat humanis dan realistis. Cerita tentang persahabatan, pendidikan, moral, cinta pertama (yang terlihat sangat murni di film itu..), dan perjuangan pantang menyerah.
Dijamin, setelah nonton film ini, rasa malas kuliah akan minggat jauh-jauh...
hehe...
recommended!!
-farah-

Anonim mengatakan...

setuju banget... bukan film2 Kutunggu Jandamu, Tiren Hantu Perawan, allah.... aneh2 wahe.. ayo dong kampanye untuk menonton film2 kayak begitu...pasti lama-kelamaan produksinya sekarat...

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Aqiqah mengatakan...

LP mang inspiratif
Paket Aqiqah -Aqiqah- Aqiqah Murah

Aqiqah mengatakan...

LP mang inspiratif
Paket Aqiqah -Aqiqah- Aqiqah Murah