Selasa, 15 Januari 2008

Kreativitas Guru dalam Pembelajaran

Beberapa hari yang lalu saya mendapat kiriman dua eksemplar buku dari Depdiknas, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktoran Profesi Pendidik.
Ternyata buku tersebut merupakan bunga rampai hasil karya Lomba Keberhasilan Guru (LKG) dalam Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2006 untuk satuan pendidikan TK, SD, dan SMP. Untuk karya satuan pendidikan SMA, SMK, dan PLB termuat dalam bunga rampai tersendiri. Sebenarnya, buku tersebut sudah terbit pertengahan tahun 2007 (cetakan kesatunya pada Juni 2007), tapi baru didistribusikan dan sampai kepada kami awal 2008. Buku tersebut berjudul Kreativias Guru dalam Pembelajaran: Karya Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2006 untuk Satuan Pendidikan TK, SD, dan SMP.

Tahun 2006, LKG diikuti oleh 1.481 guru. Berdasarkan hasil seleksi administratif dan subtantif, terpilih 120 karya finalis. Setelah dilakukan penilaian terhadap finalis meliputi tiga aspek, yaitu orisinalitas, kreativitas, dan inovasi yang dihasilkan, dan kebermanfaatan yang tinggi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, ditetapkan 24 guru sebagai pemenang lomba. Hasil karya para pemenag inilah yang kemudian disusun menjadi artikel ilmiah (semula karya ilmiah minimal 20 halaman) untuk keperluan publikasi dalam bentuk bunga rampai.

Alhamdulillah, salah satu tulisan yang ada dalam buku tersebut adalah karya saya yang berjudul “Pemanfaatan Iklan Televisi sebagai Media Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas IX SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang”. Tentang isi buku tersebut, nanti akan saya buatkan tulisan tersendiri dalam bentuk resensi.

Tidak ada komentar: