Jumat, 17 Oktober 2008

Antara Ngejomblo or Segera Nyari Jodoh

Tulisan ini saya ambil dari blog lamaku, diposting pada Tuesday June 13, 2006 - 04:58pm (PDT): untuk mengingat zamannya siaran radio pada waktu2 terakhir. 'Masih Pengen lagi,seh...' (versi lu-gw).

Sudah hampir 5 bulan terakhir, gw siaran radio lagi. Padahal aktivitas ini udah gw tinggalin sejak sekitar tahun 2001/2002 (gw siaran mulai 1998 dan banyak cerita seru, tar bakal gw inget" lg critanya). Sebenarnya dah lama juga gw pengen comeback, bukan soal materi yang bakal gw dapat, tp kayaknya ada yang krasa hilang sejak kegiatan "ngoceh" sendiri (kadang bareng" sih...) itu gw tinggalkan. Tapi semua ga kewujud soalnya slama ini gw smakin banyak kegiatan, jd ga bisa bagi waktu. Nah, beberapa waktu lalu ada temen gw lg sibuk ngurusin radionya datang ke gw, mohon.... banget agar gw bisa bantu. Pada waktu yg bersamaan, temen gw yg laen, direktur radio pemerintah, ngajak juga gabung.

Pengen...! Mumpung gw dah mulai longgar waktunya. Akhirnya, gw pilih ajakan temen yg pertama. Mikirnya gini, kalo di radio pemerintah yang diolah temen saya kayaknya dah mapan, sedangkan yg radio temen saya yang satu masih baru. Artinya, gw bisa banyak eksplor apa yang gw mau. Nah, deal deh!

Setiap Minggu, berdua ama temen gw yang bernama Zilva alias Trully Tisna Milasari sarjana psikologi, masih bujang, masih imyoet, masih suka seneng", siaran deh! (Tentang Zilva tar gw bakal tulis sendiri deh! Siapakah dia sebenarnya?) Nama acaranya ZONA BEBI (ZonaBebasBicara). Sebuah acara yang punya jargon "Ngebahas Sesuatu yang Tak Biasa Kita Bahas". Tema yang kita angkat seru" juga. Misalnya, I Luv My Teacher, Metroseks, Homoseks, Selingkuh, dan sejenisnya (kayaknya gw bakal review jg satu", biar ga lupa. Soalnya, sebelum siaran, kita mesti cari info banyak". Baca buku, browsing internet, survey, dll.) Sayang kalo ilang gitu aja!
Duh, jadi nglantur neh. Ga jadi cerita deh..! Intinya, yang dibawa ini, selain ulasan dari kami, juga beberapa cuplikan telepon interaktif dan SMS dari para fans ZB.

Minggu kmaren, dari jam 2-4 siang, tema ZonaBebi kita adalah "Antara Ngejomblo or Segera Cari Jodoh". Seru juga ternyata, apalagi ada 3 bintang tamu, temen" gw dari Bandung: Aa Acep, Aa Ayas, dan teh Nisa (Mira).
Blum jug gw ama Zilva ngebahas tema, ada pendengar yang dah ngantri untuk beropini by phone.Namanya Yana.
Menurut Yana, ngejomblo atu asyik dan penting. Yana punya alasan untuk itu karena dia sedang kelas 2 SMA mo naik ke kelas 3. Jadi perlu banyak waktu untuk nyiapin kelulusan. Takutnya, kalo pacaran bukannya memotivasi untuk belajar, malah sebaliknya akan mengganggu belajar. Berabe. Jadi, menurut Yana, mending mentingin skul daripada pacaran yang mengganggu.

Berikut beberapa opini via SMS dari beberapa pendengar:
081618279xx
Bagi remaja dan dan ABG: Sbaiknya skolah dulu, aplagi ortu masih mampu & ilmu sangat berguna untuk mengatasi masa depan. Kalo hati sdh jatuh cinta, biasanya otak susah mikir jernih.

0813611844xx
Arya Dimas. Kl saat ni mungkin arya jomblo. Tp smuanya udh diatur Sang Pencipta. Jd kita sbg makhluknya hny bs berusaha. Ktentuannya di tangan Allah. Tlalu maksa khendak jg tdk baik krn Allah lbh mengerti pa yg tbaik buat makhluk ciptaan-Nya. Jd nikmati z hidup ini dg membuat prestasi & sambil brusaha dlm mencr jdh.

0813478913xx
Dr Yana d Berbas. Tmn2 ABG smuanya, kl mnrt yana nggak ada kndla klw mo pcrn smbl sklh, asl pcr km itu bsngbawa km kehal2 yg pstf, kan bs bljr bareng, mslnya. Yana skarang jomblo, tp Yana sbar nuggu, Allah itu adil ko, pasti Dia akn membrikan yg tbaik bt yana. O...y, salut bt Arya.

0813479439xx
Jomblo? Enjoy aj si! Jgn mncoba utk jatuh cinta kl blm siap sakit hati...

081618279xx
Di Btg ini cari kerja layak dah mulei susah bagi llsan SMA. Orang2 luar rebutan t4 itu. jgn mau bergantung dg romantisme semu lk2. Brakit2 ke hulu, berenang kemudian.

081950588xx
Dari A'AN. Mnrt aq JOMBLO itu lebih asyik drpd hrs pacaran dg alasan cr jodoh. Sbb pacaran jls sekali menjurus k hal yg begituan..?? Buktinya banyak yg hamil duluan. Ya ga sech? Sbg manusia qthanya bs brusaha. ALLAH-lah yg nebebtukan. Jodoh adlh rahasiaNya. Hanya Dia yg mengubah, mengatur, n menentukan sgalanya. Pernikahan tdk hanya mempersatukan 2 manusia tp jg menyatukan 2 klg. Nah lo.??? Sudah siapkah dg sgala konskuensinya???

0813611844xx
Arya Dimas. Mas Jak, mo nanya sama Aa Acep. Aa bilang cinta pd pandangan pertama mrpkn hal takhyul dan percayax pd takdir. Ok, Arya trima jawaban Aa. Lalu bgmn pasangan itu hadir dlm hidup Aa jk tdk melalui pandangan. Dr kesan pandangan pertama itu mungkin qt tertarik u mengenal dia lebih dlm. Bukan bgt Aa? Tlg britau argumen Aa u hal itu!

0813463237xx
Ksendirian dideskripsikan 'sbg prasaan kosong dlm hati, kesednirian brarti ksepian, dan ksepian adlh tanada awal suatu kegagalan! Gmn, bener ga?

0852427141xx
Sy sangat spkat kl si cewek mendesak si cowok u menikahinya. Alasannya u menghindari hal2 yg tdk diinginkan.Kl sdh brani pacaran brarti udah brani u menikah.

081618279xx
Jomblo tak apa buat remaja2 putri. Ingat romantisme semu lelaki banyak merugikan wanita. hati jernih dan putih wanita pasti u pangeran yg taat dan mulia. Adinda.

0852427141xx
Persoalan jomblo or tdk, kl mnrt aq tergantung yg ngejalanix. Jd kl aq mendingan jgn ngejomblo dh krn kl ngejombol udah dpt dipastikan tdk dpt bertanggungjawab dan kukatana jg soal jomblo itu sbenarnya tdk ada yg menginginkannya tergantung ksempartan. Munafik kl ada org suka menjomblo.

0852468377xx
Mnrtq pacaran itu sah2 aja slama ada kecocokan n saling pengertian dsn! Kl hubungan itu udah waktunya disucikan ya brani aja coz menunda brarti mengundang setan. Lagunya: Akhirnya Ku Menemukanmu, NAFF.

0852470161xx
Ksepian bkn berarti kegagalan sbb adakalax qt pengen sendiri d aq sendiri ga mau diganggu. Darman Kasmaran.

0852468997xx
Tanya, seandainya ada cwq dlm pandangan pertama merasa jatuh cinta bgmn jawaban si cewek itu, apa dijawab langsung apa tunggu laen waktu? Dr aku some one minta lagu. UNGU Demi Waktu.

081618279xx
Adinda sdh mnikah loh..dg pangeran taat n mulia, tanpa pacaran... Ini bkn terjun bebas tp tawakkal illallah. Bgmn dg anda?

Emang sih..ngomongin tema kayak gini slalu ada pro kontra. Maklum, stiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda sesuai dengan yang dijalaninnya.
Bagi mereka yang lebih memilih ngejomblo dengan alasan yang logis, misalnya lebih ngutamain belajar karena masih skul, itu namanya hebat. Hari gini, masih ada sbagian remaja yang punya komit gini, tentu jempol banget. Alasan laen, bagi mereka yang belum dapat hidup secara survive (mandiri secara kontinue), juga masuk akal sih. Daripada segera berkeluarga, sementara tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup, tar gimana.... Tapi tetep aja lo harus mikirin usia. Ia terus berjalan menggiring kita. Kalo kita harus married menunggu benar-benar siap, dalam arti segala2nya, ya ga bisa. Terlalu perfect! Tar keburu tua! Tapi, sekali lagi, jangan coba2 cari jodoh tanpa perhitungan yang tepat, tar lu jadi 'melarat' hehe.....
Tar dilanjut ya... Mo break dulu!

Tuesday June 13, 2006 - 04:58pm (PDT)

Tidak ada komentar: