Jumat, 17 Oktober 2008

KambingJantan





Tulisan ini saya ambil di blog lamaku yang diposting pada Tuesday June 13, 2006 - 04:43pm (PDT).

Wuihhhh... keren! Hebat! Tuh anak yang bernama kambing alias si Radith, alias si Dika, alias DICKaaaa, bikin gw bener2 ngakak wuakakakakkkkkkak.... Padahal, kmaren (hari ini juga blum kelar), pas baca bukunya, gw lg sakit puyeng2, mual2, pengennya muntah2 mulu, dan emang bener2 muntah, hhuahhhhkk.... Kata temen2, katanya gw kayak orang lg hamil muda. Tp... di atas kasurku yang semok, gw bisa ngakak abis. Sampe orang rumah pada heran, "Ini katanya sakit, malah ktawa2. Yg menjiwai donk... Biar kalo dibawa ke dokter, pantes!! Atau jangan2 kmaren ketempelan setan dari samarinda," katanya. Akunya ketawa2 aja, padahal barusan juga diselingin nyengir2 kesakitan.

Emang sih, kmarenya gw dr samarinda. Abis ngikut acara sminar nasional tentang sastra gt. Meski narasumbernya dari Jakarta, tp acaranya nggak menarik. Untungnya scr ga sengaja gw ktemuan sama rekan" penulis. Jadinya, kita bikin acara seminar sendiri di baris belakang, padahal yg di depan lg pada seru, yang nanya jg lumayan. *Nggak perlu ditiru, ya!*

Nah, gara2 perjalanan sekitar 2 jam, badan gw jd lemes. Maklum pas sbelum brangkat, gw udah sakit mual2, radang parah ampe ga bisa ngomong, apalagi dipake siaran radio. Dah meradang 3 hari. Sbenarnya gw ga mau brangkat, tp berhubung dah bilang ok sama si bos di kantor, ya udah. Padahal, sampe malem masih ga yakin. Pas jam 05.30 pagi, temen gw nlp, bilang kalo tar lg gw dijemput. Walah... padahal aku baru bangun pas ditlp itu, jam 05.20 tot. Gila! Rada panik! Soalnya aku orang kelima dan yg terakhir bakal dijemput ke rumah ama mobil kantor. Wuih... gila, telat malu oi!

Jadwal acaranya sih jam 8 pagi. Tapi baru mulei jam 10-an. Oh ya, abis ngobrol sama temen2 penulis yang tergabung di JPK (JaringPenulisKaltim), pas jam 12.30-an, temen2 gw ngajak kabur duluan. *Adegan tidak baik, jangan ditiru!* Ternyata, gak hanya murid yang jadi bete kalo lg ndengerin ceramah or diskusi yang nggak narik. Abis zhuhur-an di Masjid sebelah tempat acara, kita berlima menuju SCP mall. Gw mo nyari buku skalian janjian sama temen lama di sana. Ktemu ama temen, ternyata lagi belang2 mukanya. Sbulan ini dia KO di rumah karena abis kecelakaan.

Satu jam di SCP, kemudian ke Lembuswana Mall, langsung gw ke Gramedia. Maunya cari Biografi Oprah Winfrey dan novel "Ssstt... I'm Play Girl" karangan Sari Aziz, temen yang tadi ktemu di acara. Gw dah janji bakal beli dan ngasih komen buat dia. Ya, itung2 nambah royalti buat cewek lucu ini. Ceritanya seru juga, kayaknya dia banget (tar gw critain di lembar yang laen dengan judul spt judul bukunya).

Dan, duerrr.... ktemu deh yang ga ada di list pencarian, tp slama ini gw cari2 "KambingJantan"-nya Radithya Dika. Ni buku dah dari kmaren2 gw cari tp pas ga ada mulu, pas habis terus. Percaya banget buku ini banyak dicari.

Sampe di rumah, jam 9-an malem, gw hoek2 karena drivernya ngebut banget. Apalagi sbelum brangkat emang udah hoek2. Jalannya berliku lagi. Naik turun. Kalo naik turun yang laen mah enyak-enyak-enyak! (Mikir ngeres aja gpp!)

Besoknya, gw langsung 'bercinta' dengan DICKaa si kambing yang ternyata ga jantan2 banget, hehe... Yang pasti, komen buat dia: perjalanan hidupnya begitu naas, konyol, gokil, tapi yang begitu membuat hatiku, sebagai pembaca, begitu kembang kempis karena ngakak abis. Yang belum pernah baca buku ini, wuih...coba baca, pasti ketawa2 sendiri kecuali yang rada miring kaya Radith, bukannya ketawa malah nangis, mungkin. Soalnya, dia tuh orangnya rada2 kebalik gitu. Mestinya ke utara, tapi dia-nya ke selatan. Maunya begaya, malah jadi aneh, super aneh!
Buku ini juga yang "merangsang" gw untuk mulai nulis2 lagi setelah sekian lama ga nulis2.

Itu kisah lamaku.
Info barunya: sehabis baca buku pertama Radit, saya juga membaca buku-buku karya berikutnya, seperti CINTA BRONTOSAURUS (2006), RADIKUS MAKANKAKUS: BUKAN BINATANG BIASA (2007), BABI NGESOT: DATANG TAK DIUNDANG , PULANG TAK BERKUTANG (2008). Meskipun karya-karya tersebut tidak seseru KambingJantan, tetapi tetep seru buat ngilangin stress.

Tidak ada komentar: